LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
DISUSUN
OLEH :
1. Indarsih (10)
2. Kamila (15)
3. Nauval (17)
4. Panca (19)
5.
Purnaeni Muntoharoh (20)
6.
Sherlina Putri A (23)
Kelas : XI.Akuntansi 1
SMK
MA’ARIF 9 KEBUMEN
TAHUN
PELAJARAN 2016/2017
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas
setelah melaksanakan kunjungan.
Laporan ini di sahkan pada :
Hari :
Tanggal :
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Hasyim
Asngari, S.Pd.I
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada
Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahnya kepada
kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan yang berjudul “Laporan
Kunjungan Industri”
Kami juga mengucapkan banyak terima
kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah mendampingi, membimbing dan memberikan
arahan dalam penyusunan laporan ini dan kepada semua pihak yang telah berperan
serta dalam penyusunan laporan ini.
Kami berharap semoga laporan ini
bermanfaat dan menambah wawasan bagi peningkatan kualitas SMK MA’ARIF 9 Kebumen
pada khususnya dan masyarakat pada umumnya.
Penyusun
menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami
mohon kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi penyusunan laporan yang
lebih baik pada masa mendatang.
Kami
mohon maaf jika dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.............................................................................................
i
HALAMAN PENGESAHAN..................................................................................
ii
KATA PENGANTAR...................................................................................................... iii
DAFTAR ISI..................................................................................................................
iv
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang Kunjungan
Industri......................................................
B. Tujuan Kunjungan
Industri.............................................................................
C. Manfaat Kunjungan
Industri..........................................................................
D. Jadwal Kunjungan
Industri.............................................................................
BAB II PEMBAHASAN
A. Sejarah PT. Martha Tilaar.............................................................................
B. Visi dan Misi......................................................................................... ........
C. Pilar................................................................................................................
D. Unit Pemasaran.............................................................................................
E. Biografi Martha Tilaar..................................................................................
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan....................................................................................................
B. Kesan....................................................................................................
C. Saran-saran.......................................................................................... ........
LAMPIRAN
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Kunjungan Industri
Latar belakang
diadakannya Kunjungan Industri ini adalah agar siswa mengenal dunia kerja. Selain
itu, siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata
tertib kerja, mesin-mesin industry yang lebih memadai, dll. Siswa juga
diharapkan tidak menganggap kunjungan industry sebagai rekreasi, tapi
menganggap kunjungan industry sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industry
secara langsung, dan melihat urutan-urutan proses kerja di Industri tersebut.
Kunjunganindustri
dipilih untuk menambah pengalaman siswa tentang dunia kerja. Di tuntut untuk
aktif menggali informasi tentang kunjungan industry untuk memperoleh
pengetahuan tentang dunia industry. Kunjungan industry dilakukan untuk
memberikan gambaran kepada siswa tentang industry dan proses produksi di bidang
bisnis dan managemen. Siswa harus membandingkan proses produksi di dunia kerja
dengan ilmu yang diperoleh di sekolah. Siswa diwajibkan membuat laporan atas informasi
yang diperoleh industry tentang perusahaan yang bersangkutan.
B. Tujuan kunjungan industri
Ada beberapa tujuan diadakannya
kunjungan industry bagi siswa atau siswi sebagai berikut :
1.
Memperluas pengetahuan siswa dalam lingkungan
dunia kerja
2.
Mendorong siswa agar mempunyai minat agar
bekerja di perusahaan
3.
Memberikan informasi tentang cara kerja dan
tenaga kerja perusahaan
4.
Mendorong siswa agar mempunyai rasa
kedisiplinan dan tanggung jawab
5.
Membantu siswa melaksanakan program diklat
6.
Melihat secara langsung proses produksi dari
awal sampai akhir.
7.
Untuk belajar (tidak hanya tahu teknik tapi
juga praktik dan cara pemasarannya)
C. Manfaat kunjungan industri
Adapun beberapa manfaat kunjungan industry
diantaranya:
1.
Dapat mengetahui kedisiplinan dan tata tertib
yang tegas pada dunia kerja
2.
Melihat secara langsung cara kerja produksi
3.
Mendapat gambaran saat akan kerja di industry atau
ingin membuat sebuah industry
D.
Jadwal Kunjungan
Industri
1. Hari ke 1 : senin, 08 Mei 2017
-
Pukul 15.30 WIB
v Pembekalan dan
persiapan pemberangkatan Kunjungan Industri
-
Pukul 17.00 WIB
v Pemberangkatan
menuju Jakarta (8jam)
o Sholat Magrib
Jamak Isya
o Pembagian Snack
di bus masing-masing
2. Hari ke 2 : Selasa, 9 Mei 2017
-
Pukul 03.00 s.d
06.00 WIB
o
Istirahat, Sholat subuh, Makan pagi
o
Menu makan pagi “NASI BOX”
-
Pukul 06.00 s.d
08.00 WIB
v Perjalanan menuju
Kunjungan Industri sesuai jurusan
o Kelas XI Otomotif :
BIS 1 : PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR
BIS 2 : PT KRAMA YUDHA RATU MOTOR
BIS 3 : PT RAHMAT PERDANA ADIMENTAL
BIS 4 : PT RAHMAT PERDANA ADIMENTAL
o
Kelas XI
Akuntansi :
BIS 5 : PT MUSTIKA RATU
BIS 6 : PT MUSTIKA RATU
o
Kelas XI RPL
BIS 7 : TVRI
Catatan dilokasi
kunjungan
§ Seragam siswa : seragam identitas hari
kamis lengkap dan
bersepatu hitam
§ Seragam Guru : PSH Hitam lengkap dan bersepatu hitam
§ Apabila tidak berpakaian sesuai ketentuan diatas baik
siswa maupun pendamping tidak diperbolehkan masuk lokasi kunjungan industry
§ Semua peserta
kunjungan industry wajib mengikuti dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku
diperusahaan (lokasi kunjungan masing-masing)
-
Pukul 12.00 s.d
13.00 WIB
v Makan siang (nasi
box)
v Sholat Dzuhur
Jamak Ashar
-
Pukul 13.00 s.d
15.00 WIB
v Perjalanan menuju
STASIUN TV (Acara TV Live)
-
Pukul 15.00 s.d
16.00 WIB
v Berada di Studio
TV-TV Live (persiapan)
o
Semua peserta baik siswa maupun pendamping
ajib memakai seragam sesuai ketentuan (seragam ketika di tempat kunjungan)
-
Pukul 16.00 s.d
21.00 WIB
v ACARA TV
o
Makan malam/sore Nasi Box (tempat
menyesuaikan)
-
Pukul 21.00 s.d
22.00 WIB
v Menuju Asrama
Haji Pondok Gede
o
Sholat Jamak Takhir (menyesuaikan)
-
Pukul 22.00 s.d
07.00 WIB
v Berada di Asrama
Haji Pondok Gede
o
Pembagian kamar hotel untuk peserta oleh
panitia/biro
o
Istirahat, sholat isya
o
Peserta dilarang membuat gaduh/onar, yang
merugikan orang lain/lingkungan sekotar
o
Semua peserta wajib menjaga barang bawaan
masing-masing, apabila terjadi kehilangan bukan menjadi tanggung jawab
Sekolah/Panitia
o
Sebelum meninggalkan lokasi Asrama Haji Pondok
Gede peserta wajib mengecek barang bawaan masing-masing, jangan sampai
tertinggal.
3. Hari ke 3 : Rabu, 10 mei 2017
-
Pukul 05.00 s.d
07.00 WIB
v Sholat subuh, makan pagi dan persiapan Cek Out
-
Pukul 07.00 s.d
08.30 WIB
v Perjalanan menuju
“DUFAN”
-
Pukul 08.30 s.d
12.00 WIB
v Berada di DUFAN
o
Semua peserta wajib mematuhi aturan yang
berlaku di DUFAN
o
Peserta harap berhati-hati dan waspada dengan
kondisi sekitar
o
Peserta diharap untuk bergabung degan teman
yang dikenal/tidak sendirian
o
Sholat Dzuhur & Jamak Ashar, tempat
menyesuaikan
o
Semua peserta berkumpul kembali pukul 12.00
WIB
-
Pukul 12.00 s.d
15.30 WIB
v Perjalanan menuju
Cibaduyut Bandung
-
Pukul 15.30 s.d
18.00 WIB
v Berada di
Cibaduyut *Wisata Belanja
-
Pukul 18.00 s.d
19.00 WIB
v Perjalanan menuju
Rumah Makan Simpang Raya
-
Pukul 19.00 s.d
20.30 WIB
v Berada di Rumah
Makan Simpang Raya
o
Sholat Magrib, Jamak Isya (menyesuaikan)
o
Makan malam
-
Pukul 20.30 s.d
21.30 WIB
v Perjalanan menuju
pusat oleh-oleh
-
Pukul 21.30 s.d 22.30 WIB
v Berada di Pusat
Oleh-oleh Khas Bandung
-
Pukul 22.30 s.d 05.30 WIB
v Perjalanan pulang
4. Hari ke 4 : Kamis, 11 Mei 2017
-
Pukul 22.30 s.d
05.30 WIB
v Berada di SMK Ma’arif
9 Klirong
o
Sholat subuh menyesuaikan
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH
PT MARTHA TILAAR
Martha Tilaar
Group dipelopori oleh DR. (H.C.) Martha Tilaar pada tahun 1970 dengan membuka
sebuah salon kecantikan Martha di kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Jalan
Kusuma Atmaja No.47 Menteng, Jakarta Pusat.
Berikut
perkembangan Martha Tilaar Group dari masa ke masa:
- Tahun 1970. DR. Martha Tilaar memulai usahanya di garasi kediaman orangtuanya, Yakob Handana, di Menteng, Jakarta Pusat.
- Tahun 1972. Pembukaan salon kecantikan kedua DR. Martha Tilaar, yaitu Martha Griya Salon di Menteng. Di salon inilah, untuk pertama kalinya perawatan kecantikan tradisional berbasis tanaman herbal dan bisnis kecantikan dimulai.
- Tahun 1977. PT Martina Berto didirikan oleh DR. Martha Tilaar bersama mitra usaha yaitu Bernard Pranata (almarhum) dan Theresia Harsini Setiady.
- Tahun 1977. Bekerjasama dengan Theresia Harsini Setiady yang merupakan pendiri Kalbe Group, PT Martina Berto meluncurkan brand Sariayu sebagai produk kecantikan dan jamu modern.
- Tahun 1981. PT Martina Berto mendirikan pabriknya sendiri di kawasan industri Pulogadung.
- Tahun 1983. PT Martina Berto kembali mendirikan pabrik keduanya di Pulogadung.
- Tahun 1983. Di tahun yang sama, PT SAI Indonesia yang sebelumnya adalah PT Sari Ayu Indonesia didirikan untuk mendukung PT Martina Berto dalam mendistribusikan produk-produk kosmetiknya.
- Tahun 1988-1990. PT Martina Berto melahirkan merek-merek kosmetika baru seperti Cempaka, Jamu Martina, Pesona, Biokos Martha Tilaar, Caring Colours Martha Tilaar, dan Belia Martha Tilaar.
- Tahun 1993-1995. Terjadi proses akuisisi oleh sejumlah perusahaan ke dalam PT Martina Berto.
- Tahun 1996. PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetika pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat mutu ISO 9001.
- Tahun 1999. PT Martina Berto membeli saham Kalbe Group, dan sejak saat itu Kalbe Group sepenuhnya berada di bawah manajemen Martha Tilaar Group.
- Tahun 2000. PT Martina Berto mendapatkan sertifikat ISO 14001.
- Tahun 2001-2009. PT Martina Berto menambahkan merek-merek baru di segmen pasar berbeda, yaitu Professional Artist Cosmetics (PAC), Dewi Sri Spa, Jamu Garden dan sebagainya.
- Tahun 2010. Martha Tilaar Group memasuki usia 40 tahun.
- Tahun 2011. PT Martina Berto menjadi PT Martina Berto Tbk.
- Tahun 2011. Martha Tilaar Group terpilih menjadi salah satu dari 55 perusahaan dunia yang menjadi anggota Global Conpact Lead PBB di Davos, Switzerland.
- Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk menerima penghargaan sebagai Pioneer in Technology dari Kementrian Industri, yang diserahkan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
- Tahun 2012. PT Martina Berto Tbk mendapat penghargaan dalam Asia Responsible Entrepreneurship Awards 2012 untuk kategori Green Leadership.
- Tahun 2013. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Corporate Image Award 2013
- Tahun 2015. Martha Tilaar Group memasuki usia 45 tahun.
- Tahun 2015. PT Martina Berto Tbk mendapatkan 1st Outstanding Corporate Innovation Award 2015.
- Tahun 2016. Dr. (H.C.) Martha Tilaar menerima Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Pemerintah Republik Indonesia.
- Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Sustainable Business Award 2016.
- Tahun 2016. PT Martina Berto Tbk mendapatkan Anugerah Abyudaya 2016.
- Tahun 2016. Martha Tilaar Group mendapatkan Family Business Award 2016 : "Building Family Reputation".
Kini, Martha
Tilaar Group terdiri atas:
B.
VISI
DAN MISI
Visi
Menjadi
perusahaan kecantikan terdepan dengan nuansa ketimuran dan alami yang
memanfaatkan penelitian, pengembangan riset dan teknologi modern untuk
memberikan nilai tambah pada konsumen.
Misi
Mengoperasikan
sebuah perusahaan kecantikan kelas dunia berdasarkan nilai inti dari Martha
Tilaar Group.
C.
PILAR
Terinspirasi oleh
nilai dan budaya Timur, Founder dan Chairwoman Martha Tilaar Group, DR. (H.C.)
Martha Tilaar, selalu memiliki semangat untuk terus menggali kekayaan alam dan
budaya Indonesia untuk mempercantik wanita Indonesia dan dunia. Semangat
tersebut dituangkan dalam 4 Pilar Martha Tilaar Group yang menjadi landasan
dalam setiap kegiatan grup perusahaan dan setiap unit bisnis yang dijalankan
Martha Tilaar Group.
Beauty Culture
Martha Tilaar
Group begitu peduli pada kelestarian budaya Indonesia, dan kepedulian ini diwujudkan
lewat penciptaan rangkaian warna tata rias Trend Warna Sariayu setiap tahun.
Sejak tahun 1987, Trend Warna Sariayu telah menjadi barometer dan kiblat tata
rias wanita Indonesia.
Selain dengan
hadirnya Trend Warna Sariayu, peran serta dan dukungan Martha Tilaar Group
dalam industri kreatif dan budaya Indonesia, salah satunya seperti yang
terlihat pada ajang Jember Fashion Carnaval (JFC) dan penggunaan konsep SPA
Indonesia sebagai sarana melepas lelah serta menyegarkan pikiran dan tubuh,
menjadi wujud penerapan Beauty Culture.
Beauty Education
Martha Tilaar
Group yakin, berbagi ilmu pada masyarakat yang tertarik pada dunia kecantikan
menjadi salah satu upaya mempercantik wanita Indonesia dan dunia. Karena itu,
Martha Tilaar Group terus berbagi pendidikan kecantikan dengan mendirikan
lembaga belajar, mengadakan beauty class, hingga bekerjasama dengan
instansi pendidikan dan pemerintah dalam memperluas wawasan masyarakat,
khususnya wanita Indonesia, mengenai kecantikan alami.
Puspita Martha
International Beauty School, diharapkan tidak hanya dapat menciptakan
tenaga terampil profesional yang mampu menghasilkan pekerjaan bagi dirinya
sendiri, tetapi juga mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Beauty
Class yang meliputi langkah demi langkah tata rias yang baik dan benar,
motivasi, kepribadian, tata busana, serta jiwa enterepreneurship. Martha
Tilaar Group juga bekerjasama dengan Universitas Indonesia mendirikan Magister
S2 Herbal UI agar Indonesia sebagai negara dengan kekayaan alam terbesar
kedua setelah Brazil memiliki industri herbal yang maju dan menghasilkan devisa
negara. Dan sejak tahun 2007 menyelenggarakan Martha Tilaar Innovatin Center
(MTIC) Award yang bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi dan
didukung oleh Sariayu, yaitu sebuah penghargaan bagi kegiatan penelitian dan
karya tulis mengenai riset berbahan alam yang bermanfaat bagi dunia kecantikan
dan kesehatan, yang tetap memperhatikan prinsip-prinsip ramah lingkungan.
Beauty Green
Kecantikan sejati
terpancar dari dalam hati. Dan salah satu wujud hati yang cantik adalah hati
yang memiliki kepedulian pada lingkungan sekitar. Meyakini hal tersebut, Martha
Tilaar Group pun berkomitmen untuk ikut menjaga dan melestarikan lingkungan
hijau untuk kehidupan yang lebih baik denngan membangun Kampoeng Djamoe
Organik (KaDO) pada tahun 1997.KaDO merupakan sebuah lahan
konservasi bagi tanaman obat, kosmetik, dan aromatik (TOKA) khas Indonesia yang
dibangun di atas lahan hijau seluas 10 hektar di tengah kawasan industri
Cikarang. Langkah visioner DR. (H.C.) Martha Tilaar terhadap lingkungan ini
mendapat perhatian dari PBB dan mendapatkan pernghargaan dari United Nation
Global Compact. Tidak hanya menjadi tempat wisata yang dapat dikunjungi
masyarakat, KaDO juga memberikan Pelatihan Petani Organik Seluruh Indonesia
dari seluruh provinsi Indonesia dan membekali petani dengan pendidikan dan
praktek langsung mengenai organic farming, mulai dari pengolahan tanah,
pembibitan, panen, hingga produksi dan pendistribusiannya.
Martha Tilaar
Group juga mengimplementasikan Green Science. Green Science
merupakan sebuah konsep dari produk Sariayu Putih Langsat yang mencakup 4 hal,
yang memperhatikan kelestarian lingkungan, yaitu Green Resources
(penggunaan bahan dasar alami), Green Development (proses pengembangan
ramah lingkungan), Green Process ( proses produksi yang aman, efisien,
dan ramah lingkungan), dan Green Output (hasil produk yang aman dan
ramah lingkungan).
Martha Tilaar
Group juga berkomitmen mengajak masyarakat untuk turut melakukan Pelestarian
Bumi Bersama WWF Indonesia, di mana untuk setiap pembelian produk Sariayu
Trend Warna, konsumen turut berkontribusi dalam pelestarian alam Indonesia.
Empowering Woman
Martha Tilaar
Group memiliki program pemberdayaan wanita lewat beragam dukungan dan pelatihan,
diantaranya melalui program-program sebagai berikut:
- Jamu Gendong yang memberi pelatihan bagi para wanita yang berprofesi sebagai penjual jamu gendong
- Wanita Terampil Mandiri yang memberi pelatihan bagi para wanita di daerah pasca bencana
- Miss Indonesia yang merupakan ajang pencarian role model bagi generasi muda yang cantik, cerdas, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi
- Martha Tilaar Training Center yang merupakan pusat pelatihan terapis spa profesional di Cikarang, yang bertujuan memberdayakan wanita muda agar terhindar dari women trafficking yang banyak terjadi di daerah miskin dan tertinggal.
- Roemah Martha Tilaar menjadi wahana pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang handal dan terpercaya di wilayah Gombong dan sekitarnya sebagai bagian dari kontribusi terhadap pembangunan Indonesia.
D. UNIT
PEMASARAN
Unit perusahaan Martha Tilaar Group
terdiri atas tiga bagian yang mencakup:
INDUSTRI & PEMASARAN
Martha Tilaar Group memiliki dua anak perusahaan yang memproduksi
dan memasarkan produk-produknya, yaitu
PT Martina Berto Tbk dan PT Cedefindo. Dengan kemampuannya memproduksi produk berkualitas dan menyusun strategi pemasaran, kedua perusahaan terus berkembang menjadi bagian dari Martha Tilaar Group yang mulai go global.
PT Martina Berto Tbk dan PT Cedefindo. Dengan kemampuannya memproduksi produk berkualitas dan menyusun strategi pemasaran, kedua perusahaan terus berkembang menjadi bagian dari Martha Tilaar Group yang mulai go global.
DISTRIBUSI
Martha Tilaar Group memiliki dua anak perusahaan yang
bertanggungjawab menangani masalah distribusi produk-produknya, yaitu PT
SAI Indonesia yang menangani distribusi lokal, dan Martina Berto
International yang bertanggungjawab mengurus distribusi
internasional.
PELAYANAN
Selain memproduksi produk-produk kecantikan berkualitas, Martha
Tilaar Group juga memiliki anak perusahaan yang menawarkan pelayanan jasa di
bidang kecantikan. Empat anak perusahaan adalah PT
Martha Beauty Gallery yang menawarkan pelayanan jasa pendidikan, salon, kesenian dan
kecantikan, PT Cantika Puspa Pesona yang menawarkan kerjasama
manajemen waralaba baik lokal maupun internasional untuk salon dan spa, PT
Creative Style yang merupakan agensi periklanan,serta PT
Kreasi Boga Primatama yang merupakan agensi sumber daya manusia.
E.
BIOGRAFI MARTHA
TILAAR
Biografi
Martha Tilaar.Beliau lahir di Kebumen, Jawa
Tengah,
4
September 1937 pemilik
Martha Tilaar Group (MTG), sebuah grup usaha industri jamu dan kosmetika dengan
produk merek dagang Sariayu Martha Tilaar dengan produk kosmetika berkelas
seperti Biokos, Belia, Caring Colours, Professional Artist Cosmetics (PAC),
Aromatic, Jamu Garden dan lain-lain yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.
Ia juga pemilik Puri Ayu Martha Tilaar, sebuah gerai jamu dan kosmetik yang
diperuntukkan untuk kelas menengah ke atas. Grup usaha ini memayungi 11 anak
perusahaan dan mempekerjakan sekitar 6.000 karyawan.
Istri
pendidik Prof. Dr. H.A.R Tilaar, ibu dari empat orang anak, nenek dari beberapa
orang cucu, adalah sosok wanita yang tidak pantang menyerah. Ketika orang lain
mengatakan tidak mungkin, Ia tetap mencobanya. Yang penting adalah bukan
melihat besarnya hambatan di depan kita, tapi bagaimana kita memecahkan masalah
yang ada?.
Martha
terus belajar untuk lebih mengembangkan produk kecantikan tersebut. Kebetulan,
suaminya mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri. Ia pun mengambil kuliah
kecantikan dan lulus dari Academy of Beauty Culture, Bloomington, Indiana, AS.
Begitu lulus dari akademi kecantikan Martha segera membuka praktek salon
kecantikan di negeri Paman Sam itu. Ia membuat selebaran semacam brosur
sederhana, mempromosikan jasa layanan salonnya. Berbagai usaha promosi
dilakukan seperti masuk ke kampus-kampus, mendatangi rumah-rumah mantan dosen
untuk mendandani para istrinya. Begitu pula kepada mahasiswa-mahasiswa Indonesia,
atau ibu-ibu yang mengikuti suaminya tugas di luar negeri.
Sekembalinya
ke tanah air, Ia membuka salon kecil sederhana di garasi rumah milik ayahnya,
dengan ukuran 6 x 4 meter pada tahun 1970, Ia terus berupaya mengembangkan
salonnya itu, dengan membagikan selebaran-selebaran ke lingkungan sekitar,
memanjakan para pengunjung salon dan mengajak mereka bercakap-cakap, untuk
mendekatkan emosional.
Dengan
kedekatan itu, para pengunjung menjadi betah dan menjadi pelanggan tetap
salonnya. Tak lama, dua tahun kemudian 1972 ia membuka salon kedua di Jalan
Anggur No. 3 Cipete, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, sambil memulai penggunaan
merek dagang baru Sariayu Martha Tilaar, merek yang jika diartikan?? Sarinya
Wong Ayu??.
Martha
juga tak kenal lelah terus mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia untuk
produk-produk salonnya. Tujuannya, adalah agar perempuan Indonesia tetap
terpelihara kecantikan dan keayuannya.
Bisnis
Menginjak
tahun 1977 Martha Tilaar menjajaki kerjasama dengan Theresia Harsini Setiady,
dari PT Kalbe Farma. Mereka sepakat membuat perusahaan kosmetika dan jamu,
namanya PT Martina Berto, dan meluncurkan Sariayu Martha Tilaar sebagai produk
pertama. Dilanjutkan kemudian dengan membuka pabrik kosmetik pertama di Jalan
Pulo Ayang, kawasan Indsutri Pulogadung , Jakarta timur yang diresmikan oleh Ny
Nelly Adam Malik, saat itu istri Wakil Presiden Adam Malik.
Tahun
1983 Martha Tilaar mendirikan PT Sari Ayu Indonesia, khusus sebagai distributor
produk kosmetika Sariayu Martha Tilaar. Tahun 1986 Martha Tilaar membuka pabrik
kedua, kali ini di Jalan Pulokambing II/1, masih di areal sama Kawasan Industri
Pulogadung yang kali ini diresmikan oleh Ny. Karlinah Umar Wirahadikusumah,
istri Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah.
Bisnis
Martha Tilaar terus berkembang, dengan mengakuisisi sejumlah perusahaan sampai
kemudian ia dan keluarganya menguasai sepenuhnya saham PT Martina Berto.
Bersamaan itu dilakukanlah konsolidasi perusahaan digabungkan ke dalam Martha
Tilaar Group. Anak perusahaan Martha Tilaar Group terdiri PT Martina Berto dan
PT Tiara Permata Sari (sebagai pemanufaktur dan pemasar produk Sariayu Martha
Tilaar, Biokos Martha Tilaar, Belia Martha Tilaar, Berto Martha Tilaar,
Aromatic Oil Of Java Martha Tilaar, Dewi Sri Spa Martha Tilaar, Jamu Garden Martha
Tilaar). Martha Tilaar sangat jeli dalam melihat dan menangkap peluang pasar.
Pada
tahun 1987, ia meluncurkan produk ”Senja di Sriwedari” sebagai trend tata rias
baru, sebuah ide yang diilhami oleh kekayaan alam dan budaya Indonesia. Dan
produk itu meledak di pasaran. Para tata rias banyak merekomendasikan produk
ini ke Kliennya. Sejak itulah Martha Tilaar selalu mempersuntingkan nama tempat
dan unsur budaya suatu daerah, yang lalu dipadukan dengan trend busana daerah,
ke setiap produk Sariayu Martha Tilaar.
Kiat-Kiat dan Inspirasi Wirausaha
Perjalanan
bisnis Martha Tilaar tidak selamanya mulus. Ia pernah mengalami jatuh-bangun
atau pasang-surut usaha. Meskipun perusahaannya sudah besar dan maju, orang
masih saja memandangnya sebelah mata. Maklum, produk jamu kosmetika Sariayu
Martha Tilaar sangat identik sekali sebagai produk lokal. Orang tahunya
demikian saja tanpa mau mengenal bahwa produk Martha Tilaar sesungguhnya sudah
mendunia, berkualitas, dan bergengsi. Bahkan, Sariayu Martha Tilaar sudah menjadi
sebuah ikon produk lokal yang mendunia. Sebagai misal, Sariayu Martha Tilaar
memiliki produk kosmetika berkelas Biokos, Belia, Caring Colours, Professional
Artist Cosmetics (PAC), Aromatic, Jamu Garden dan lain-lain yang sudah terkenal
sampai ke mancanegara.
Sebagai
pengusaha, ternyata kepribadiannya yang tak pantang menyerah lah yang
mengantarkannya hingga menjadi sukses seperti sekarang. Martha juga selalu
berpikir positif dan tidak henti melakukan inovasi. Sejak remaja, Martha sudah
terbiasa menjual makanan-makanan kecil untuk menambah uang jajannya. Ia juga
suka mengambil Sogok Telik dan Jali-jali Putih, yang tumbuh subur di tanah
milik eyangnya, untuk dirangkai menjadi kalung dan gelang. Perhiasan tersebut
ia jual kepada teman-temannya di sekolah. Martha kecil juga selalu
memperhatikan hal-hal kecil dan detail di sekelilingnya.
Martha
Tilaar mempunyai komitmen tinggi membangun industri kosmetika. Ia investasi
besar di bidang riset dan pengembangan (R&D;). Ia mau mengirim staf ahli
farmasinya belajar ke luar negeri, atau mengikuti berbagai pameran di luar
negeri. Ia memiliki dua orang staf ahli farmasi bergelar doktor, sejumlah
magister dan sarjana strata satu lainnya. R&D; memberi hasil lain. Martha
Tilaar perlahan-lahan berhasil mengurangi ketergantungan kandungan bahan baku
impor, berganti dengan bahan baku lokal di setiap produknya. Hasil lain lagi,
ini yang lebih mencengangkan, pada bulan Juli 2002 Sekjen PBB Kofi Annan
mengundang Martha Tilaar hadir dalam forum Global Compact, di New York, AS.
Martha
mendirikan Yayasan Martha Tilaar. Ia mendidik banyak wanita dan ibu-ibu tentang
kecantikan. Tujuannya agar mereka mengerti kecantikan sehingga bisa merawat
diri. Namun yang terutama agar mereka mempunyai keterampilan tentang
kecantikan, sesuatu yang pernah banyak menolong wanita di saat krisis
multidimensi melanda bangsa termasuk pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap
karyawan wanita maupun laki-laki di banyak perusahaan lain.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
1.
Dengan di adakannya kunjungan industry seperti ini siswa
diharapkan dapat berfikir mauju, kreatif, dan efiaien sehingga dapat mengurangi
perilaku yang bersifat negative misalnya kenakalan remaja karena bakat
dankemampuannya lebih tersalur kepada hal-hal yang positif yang akan berguna
bagi kehidupan baik sekarang maupun yang akan dating
2.
Semangat dan kegigihan dalam membuat atau mendirikan usaha itu
ternyata sangatlah penting demi kelangsungan hidup
B.
Kesan
1.
Dengan diadakannya kunjungan industry, siswa dapat lebih menenal
tentang dunia kerja.
2.
Menjadikan inspirasi bagi siswa yang mempunyai keinginan untuk
bekerja.
3.
Kami mendapatkan banyak pengalaman mengenai program kerja, missal :
disiplin dalam bekerja, kerja sama yang baik dan tanggung jawab yang besar
dalam menjalankan suatu pekerjaan
C.
Saran
1.
Diharapkan program kunjungan industry ini berjalan setiap tahunnya
2.
Sekolah sebaiknya mengadakan kunjungan industry ketempat yang
sesuai dengan kompetensi keahlian.
c150i7hbiom328 Rabbit Vibrators,wholesale sex toys,vibrators,cheap sex toys,dildos,dildo,vibrators,dog dildos,vibrators j170c9wqxdc979
BalasHapus